Majalah Keperwatan UNPAD (MKU) menerima naskah/ karangan/ tulisan berupa artikel penelitian yang asli dalam bidang yang relevan dengan bidang kesehatan, keperawatan, di Indonesia. MKU juga menerima laporan kasus, tinjauan pustakan, dan profil.

1.      Artikel Penelitian

Berisi artikel yang mengenai hasil penelitian asli dalam ilmu keperawatan dasar maupun terapan, serta ilmu kesehatanpada umumnya. Format terdiri atas:

a)      Abstrak penelitian.

b)      Pendahuluan: Berisi latar belakang, masalah dan tujuan penelitian.

c)      Bahan dan Cara: Berisi desain penelitian , tempat, dan waktu, populasi dan sampel, cara pengukuran data dan analisa data.

d)      Hasil: Dapat disajikan dalam bentuk tekstular, tabular, atau grafikal. Berikan kalimat pengantar untuk menerapkan tabel dan atau gambar tetapi jangan mengulang apa yang telah disajikan dalam tabel atau gambar.

e)      Diskusi: Berisi pembahasan mengenai hasil penelitian yang ditemukan.

f)        Hasil kesimpulan: Berisi pendapat penulis berdasarkan penelitian lain. Ditulis ringkas, padat, dan relevan dengan hasil.

2.      Tinjauan Pustaka

Merupakan artikel review dari jurnal atau buku mengenai ilmu keperawatan dankesehatan yang mutakhir.

3.      Laporan Kasus

Berisi artikel yang mengulas tentang kasus di lapangan yang cukup menarik dan baik untuk disebarluaskan kepada kalangan sejawat.

4.      Profil

Berisi tentang informasi seputar tokoh yang berjasa dalam bidang keperawatan disertai dengan tulisan yang berkaitan dengan keahlian keilmuan yang ditekuni oleh tokoh.

 

PETUNJUK UMUM

Makalah yang dikirim adalah makalah yang belum pernah dipublikasikan di media cetak lainnya. Untuk menghindari duplikasi, MUK tidak menerima makalah yang juga dikirim pada jurnal lain pada waktu yang bersamaan untuk publikasi. Makalah yang pernah disajikan dalam temu ilmiah harus mencantumkan waktu, tempat, serta jenis temu ilmiah. Semua makalah yang dikirimkan pada MKU akan dibahas oleh pakar dalam bidang keilmuan tersebut (peer-review) dan redaksi. Makalah yang perlu perbaikan format atau isi akan dikembalikan pada penulis untuk diperbaiki.

 

PENULISAN MAKALAH

Makalah termasuk tabel, daftar pustaka, an gambar harus diketik pada kertas ukuran 21,5 x 28 cm (kertas A4), dengan jarak dari tepi jarak 3 cm dan 2 spasi dengan huruf Times New Romans ukuran 12 pt, jumlah halaman maksimum 20 halaman. Setiap halaman diberi nomor urut dari mulai halaman judul sampai halaman terakhir. Kirimkan sebuah makalah asli disertai dengan 2 buah fotokopi serta disket. Tulis nama file dan program yang digunkaan pada disket. Makalah dan gambar tidak akan dikembalikan pada penulis. Makalah yang dikirim harus disertai surat pengantar yang ditandatangani oleh penulis.

 

HALAMAN JUDUL

Halaman judul berisi judul makalah, nama setiap penulis dengan gelar akademik tertinggi, nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, nomor faksimilie, dan alamat email. Judul singkat dengan jumlah maksimal 50 karakter termasuk huruf dan spasi.

 

ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak untuk artikel penelitian, tinjauan pustaka, dan laporan kasus ditulis dengan jumlah maksimal 200 kata. Artikel penelitian harus berisi tujuan penelitian, metode, hasil, dan simpulan. Kata kunci dikumpulkan pada halaman yang sama dengan abstrak. Pilih 3-5 kata yang dapat membantu penyusun indeks.

 

TABEL

Bentuk tabel hanya terdiri dari garis horizontal. Nomor tabel sesuai dengan urutan penyebutan dalam teks. Setiap tabel diberi judul singkat. Setiap kolom diberi subjudul singkat. Tempatkan penjelasan pada catatan kaki, bukan pada judul. Jumlah tabel maksimal 6 buah.

 

DAFTAR PUSTAKA

Rujukan ditulis dengan menggunakan aturan Vancouve, diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam keseluruhan teks, bukan menurut abjad. Cantumkan nama penulis bila tidak lebih dari 6 orang; bila lebih dari 6 orang, tulis nama 6 penulis pertama diikuti oleh et.al.  Hindari penggunaan abstrak sesuai rujukan.

0 komentar:

Posting Komentar

About